Rabu, 08 November 2017

Polres Tanjungpinang Bedah Rumah Warga



Dalam menjalani kehidupan tidak semua orang mendapatkan tempat tinggal ( rumah ) yang layak untuk dihuni bagi sebagian orang dalam menjalani hidup berumah tangga, rumah merupakan tempat dimana kita berlindung terhadap segala macam gangguan, maupun ancaman dari segala macam bahaya.
Namun tidak untuk sepasang suami istri Herbet (67) dan Juna (63) yang memiliki rumah seluas 2,5 x 3,5 meter yang berbentuk kubus ditepian sungai dompak, tepatnya di RT 03/01 dompak lama Tanjungpinang Kepulauan Riau.
Kompol Darmawan yang merupakan Kapolsek SBP ( Sri Bintan Pura ) merasa tergerak hati nya melihat kondisi rumah yang ditempati oleh Herbet dan Junah.
Berawal dari melakukan pengawasan di Pelabuhan Merbau, Darmawan mulai melakukan pendataan terhadap warga masyarakat yang ada disana, berdasarkan data yang dikumpulkan baik dari Ketua RW maupun masyarakat yang tinggal disana, Darmawan mendapatkan sebuah informasi bahwa Herbet adalah seorang nelayan yang sudah tidak aktif lagi menafkahi keluarganya yang memiliki 3 orang anak, 2 laki-laki dan 1 perempuan
Hal ini disebabkan Herbet sering sakit-sakitan, Junah hanya bisa membantu semampunya dengan menjadi buruh cuci harian, sementara kedua anak lelaki nya tidak tamat dalam sekolah SD dan bekerja sebagai buruh harian yang tidak mumpuni dalam membantu menopang kebutuhan keluarga, ditambah lagi kedua anak nya sudah berkeluarga, terang Darmawan.
Bermodal 1,1 juta di dompet Darmawan berinisiatif memanggil tukang untuk memperkirakan kebutuhan sekaligus mengerjakannya.
Keesokan hari nya, material seadanya di sediakan berupa kayu, papan, paku serta peralatan lainnya.
Darmawan juga mengumpulkan Personil yang dia bawahi sebanyak 30 orang untuk membantu 3 orang tukang dalam mengerjakan tempat tinggal yang layak buat Herbet secara bergiliran, sehingga tidak mengganggu tugas sebagai anggota Polisi, ucap Darmawan.
Tidak hanya tenaga saja yang mereka bantu, Anggota saya juga memberikan bantuan dana secara sukarela, besaran dana yang disumbangkan berdasarkan kemampuan anggota, jelas nya.
Bedah rumah pun dilakukan setiap hari tanpa henti selama 2 minggu sampai selesai, dana yang terkumpul sebanyak 21 juta, kata Darmawan.
Rumah yang awal nya 2,5 x 3,5 meter kini berubah menjadi 4 x 6,5 meter, yang dilengkapi dengan 1 kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu sekaligus ruang keluarga.

Herbet sangat berterima kasih terhadap apa yang dilakukan dari Darmawan dan anggota nya, dengan nada terharu bercampur bahagia saat peresmian bedah rumah nya, selasa (07/10) pagi.
Dalam peresmian yang dihadiri Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro, SH, SIK, MH mengatakan, gebrakan yang dilakukan oleh Polsek SBP juga hendak nya dapat dilakukan oleh Polsek lain yang sama kondisi nya ditempat mereka bertugas.
Disamping peresmian bedah rumah, Ardiyanto juga berencana melakukan pembenahan terhadap MCK yang ada, kalaupun memadai, paling tidak kami akan membantu Pompa Air yang menurut warga tidak ada, pungkasnya.(*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar